Rabu, 20 Mei 2009

Tattoo Juga Penyakit

Dunia rajah merajah tubuh dapat menimbulkan penyakit, dari yang paling sederhana hingga yang sangat serius. Penyakit ini perlu diketahui sebelum kita memutuskan untuk mentattoo diri.

Penyakit yang paling sederhana yang dirasakan sebagian besar mereka yang telah bertattoo adalah ketagihan tattoo. Entah karena alasan gambar yang bagus atau kerinduan akan rasa sakit saat di tattoo, biasanya mereka yang telah memiliki tattoo selalu ingin menambah dengan gambar lainnya. Jangan heran kalau akhirnya seluruh tubuh mereka penuh dengan tattoo.

Penyakit serius akibat kecerobohan dalam melakukan tattoo adalah terjangkitnya penyakit hepatitis C dan HIV. Dalam sebuah penelitian di Australia, sangat sedikit jumlah studio tattoo yang memiliki pengetahuan tentang infeksi dan penularannya. Penyakit lain yang dapat ditimbulkan adalah terjadinya alergi terhadap zat warna atau pelebaran tusukan jarum. Biasanya mereka yang baru selesai di tattoo, malam hari akan merasakan tubuh mereka demam.

Sangat penting memperhatikan peralatan yang digunakan oleh operator tattoo yakni bersih dan steril, terutama jarum harus yang baru dan tidak pernah mempergunakan jarum yang pernah dipakai. Tidak mempergunakan warna sisa yang telah dipakai orang lain dan juga operator tattoo harus mempergunakan sarung tangan baru atau yang telah disterilkan. (Kapten/2005).

1 komentar: